Intel Siapkan Smartphone 4G Murah untuk Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan jaringan 4G menjadi isu yang semakin menghangat di kalangan para pemain industri mobile

Setelah sejumlah merek lokal menyatakan kesiapan memproduksi smartphone 4G murah meriah, kini giliran pabrikan chip Intel yang bersiap meluncurkan produk serupa di pasaran tanah air.

Country Head Intel Indonesia Harry Nugraha mengatakan bahwa pihaknya bakal memasuki pasar smartphone 4G entry level melalui produk chip "Sofia" yang akan diluncurkan pada 2015.

Produk-produk smartphone pertama dengan chip ini diharapkan sudah memasuki pasaran Indonesia pada awal tahun depan dengan kisaran harga di bawah 100 dollar AS atau sekitar Rp 1 jutaan.

Chip Sofia disebut Harry memiliki kapabilitas 4G LTE yang serupa dengan chip modem Intel XMM 7260. "Dukungannya termasuk LTE kategori 6 dengan kecepatan maksimal 300 Mbps, dengan support carrier agregation sebanyak 30 channel," kata Harry dalam acara konferensi pers di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Harry mengaku belum dapat mengungkapkan vendor mana saja yang hendak meluncurkan smartphone 4G murah berbasis chip Intel. Namun, ia mengatakan bahwa para rekanan Intel, seperti Asus saat ini sudah siap memproduksi ponsel 4G LTE dan telah pula memiliki sejumlah model smartphone 4G LTE di pasaran luar negeri.

Marketing Director Intel Indonesia Hermawan Sutanto menambahkan bahwa salah satu partner Intel di Indonesia, Lenovo, sebenarnya telah memiliki produk tablet yang mendukung teknologi 4G LTE. 

Hanya saja, para vendor perangkat Intel disebutnya menunggu kesiapan infrastruktur 4G LTE di Indonesia sebelum berbondong-bondong memasarkan perangkat yang mendukung teknologi seluler tersebut.

"Ibaratnya seperti chicken dan egg, mana yang duluan, tapi kalau 4G LTE diterapkan meluas di Indonesia, para brand pasti akan memasukan produk mereka," kata Hermawan.

Related Posts:

0 Response to "Intel Siapkan Smartphone 4G Murah untuk Indonesia"

Posting Komentar